10/24/2008

Metode Bubble Sort

Pengurutan gelembung adalah algoritma pengurutan yang paling tua dan sederhana untuk di implementasikan. Algoritma ini juga cukup mudah untuk dimengerti. Pengurutan gelembung ini menggunakan dua buah kalang ( Lopp ) for. Kalang yang pertama melakukan traversal dari indeks terkecil sedangkan kalang yang kedua melakukan traversal dari yang terbesar. Kalang yang satu berada dalam kalang yang lain dan panjang masing-masing tergantung pada banyaknya elemen. Siklus yang pertama melakukan n – 1 perbandingan, siklus yang kedua melakukan n – 2 perbandingan, siklus yang ketiga melakukan n – 3, dan seterusnya. Sehigga total semua perbandingan ( n – 1 ) + ( n - 2 ) + … + 1 yang dapat disederhanakan menjadi n ( n – 1 ) / 2.

Algoritma ini bekerja dengan cara membandingkan nilai tiap elemen dalam tabel dengan elemen setelahnya, dan menukar nilainya jika sesuai dengan kondisi yang diperlukan. Proses ini akan terus berulang hingga seluruh elemen dalam tabel telah diproses dann elemen dalam tabel telah terurut.

Algoritma pengurutan gelembung ini adalah algoritma yang paling lamban dan tidak mangkus dibandingkan dengan algoritma pengurutan lain dalam penggunaan secara umum. Dalam kasus terbaik ( yaitu kasus sudah terurut ), kompleksitas algoritma pengurutan gelembung adalah O (n). Namun, untuk kasus umum kompleksitas algoritma pengurutan gelembung adalah O(n ^ 2).

Tidak ada komentar: